Warga Talang Kelapa Banyuasin Curhat Sulit Dapat Air Bersih, Begini Tanggapan Aswari

Warga Talang Kelapa Banyuasin Curhat Sulit Dapat Air Bersih, Begini Tanggapan Aswari

Banyuasin – Meski bersebelahan dengan kota Palembang sebagai ibu kota provinsi, fasilitas pelayanan publik di Kecanatan Talang Kelapa, Banyuasin jauh tertinggal.

Jangankan menikmati fasilitas yang jalan mulus, kebutuhan air bersih saja sulit didapatkan, PDAM kadang  hidup dua minggu sekali.

“Di sini susah air, sekarang masih mending lagi musim hujan. Bila masuk kemarau, kami harus pontang-panting mendapatkan air bersih,” cerita Komar (48) warga Buluh Jadongan Kelurahan Tanah Mas Kecamatan Talang Kelapa, Banyuasin, saat dijunjungi Kak Wari.

Bagi yang memiliki duit lebih, bisa membeli air tangki seharga Rp 175 ribu untuk 5000 liter. Itupun harus punya penampungan yang cukup besar untuk menyimpan air. “Sayangnya di sini rata-tata masyarakat kecil, terpaksa harus ngangkut air rawa untuk aktifitas sehari-hari,” katanya.

Warga percayapada  Kak Wari untuk menyelesaikan persoalan yang sudah berkali-kali berganti bupati dan gubernur tapi tak kunjung selesai. “Melihat program  Kak Wari dan kesuksesannya selama dua periode memimpin kabupaten Lahat kami optimis maslah air bersih ini bisa diselesaikan,” katanya.

Menanggapi itu, Cagub Sumsel Saifudin Aswari mengatakan air bersih merupakan kebutuhan pokok dan masyarakat wajib mendapatkan itu dengan mudah. “Kamj telah menyiapkan program untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, tidak hanya air bersih, tapi infrastruktur jalan, listrik, serta pemberddayaan ekonomi masyarakat, baik dibidang pertanian dan perkebunan maupun UMKM. Pembangunan yang merata dan proporsional akan kita lakukan,”  katanya.

Khusus untuk penberdayaan ekonomi, Cagub Sumsel yang diusung partai Gerindra dan PKS ini,  akan mengadopsi pola One Kecamatan One Centre Enterpreneurship (OK OCE) nya Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. “Kita akan coba terapkan OK OCE di Sumsel, namun dimodifikasi sesuai dengan potensi dan kebutuhan masyarakat,” katanya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: