Nomor 2 Untuk Pasangan Aswari-Irwansyah: Tanda-tanda Kemenangan?

Nomor 2 Untuk Pasangan Aswari-Irwansyah: Tanda-tanda Kemenangan?

Semua angka baik. Masing-masing punya makna dan kontribusi. Itulah keajaiban angka yang diberikan Allah kepada umat manusia. Karena angka, terjadi ilmu pengetahuan dan peradaban. Lalu, apa makna nomor 2 itu dalam konteks politik?

Sulit ditafsir secara obyektif. Pasangan nomor pertama hingga nomor-nomor berikutnya punya peluang menang. Semuanya, tergantung dari etos pejuangan pasangan kandidat dan timnya. Dan tak lalah pentingnya adalah strategi dan amunisi yang dikeluarkan. Paketnya harus lengkap. Berikutnya faktor Allah sebagai sang penentu kemenangan dan atau sebaliknya: gagal dalam kontestasi pilkada itu.

Namun demikian, ada mitologi etnik atau masyarakat tertentu yang alergi dengan angka tertentu. Juga sebaliknya, ada penilaian tertentu yang begitu suka dengan angka itu. Mitos atau kesukaan itu tak lepas dari perjalanan siapapun yang merasakan sukses karena pegang angka itu. Dalam hal ini angka 2 itulah yang memang digemari, bahkan diyakini bawa hoki atau keberuntungan.

Lalu, apakah pasangan Aswari-Irwansyah yang mendapatkan nomor urut 2 dalam pilkada Sumatera Selatan (Sumsel) kali ini menggambarkan tanda-tanda kemenangan itu? Wallahu `alam (Allah lebih tahu). Manusia hanya mereka-reka.

Namun demikian, jika angka 2 dikaitkan dengan telunjuk dua jari, hal itu sudah menggambarkan huruf V, yang dalam bahasa Inggris dapat dikonotasikan dengan kata victory, yang berarti kemenangan. Jika kata ini valid, maka di depan mata memang pasangan Aswari-Irwansyah akan tampil sebagai pemenang dalam pilkada Sumsel pada 2018 ini.

Boleh jadi, secara dini, Allah sudah memberikan sinyal positif terhadap pasangan Aswari-Irwansyah untuk memimpin Sumsel, sehingga nomor urut 2 itulah yang dipilihkan Allah untuk kandidat muda for Sumsel Baru ini.

Kini, yang diperlukan adalah bagaimana pasangan Aswari-Irwansyah atau yang disingkat ASRI ini bisa mensosialisasikan lebih jauh bahwa pasangan ini memang sudah digiring untuk menang. Dalam hal ini Tim Sukses harus bekerja keras untuk menyampaikan kabar awal kemenangan itu, meski tetap harus dengan kerja keras dan dengan cara-cara santun dan benar. Harus dihindari praktik penghalalan segala dara untuk memenangkan pertarungan politik itu. Demi hasil politik yang tetap mempersatukan, bukan perpecahan pasca pilkada.

Harus digaris-bawahi, pilkada langsung adalah cara atau mekanisme untuk mengantarkan pemimpin daerah yang terbaik, amanah dan akan berikan kemajuan bagi daerahnya dan meningkatkan kesejahteraan bagi rakyat yang dipimpinnya. Karena itu ada urgensi kuat bagaimana mengarungi pilkada dengan saling menghormati dengan penuh kejujuran, tanpa kecurangan.

Sekali lagi, nomor urut 2 secara mitologis memang diyakini sebagai nomor kemenangan. Sekarang, bagaimana mewujudkan tanda kemenangan itu. Bersama seluruh masyarakat Sumsel, tanda kemenangan itu bisa menjadi nyata, bukan impian fatamorgana.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: