Duet Aswari dan Irwansyah Layak Pimpin Sumsel, Ini Deretan Prestasinya

Duet Aswari dan Irwansyah Layak Pimpin Sumsel, Ini Deretan Prestasinya

INDONEWS.ID – Duet H. Aswari Riva’i dan H. M. Irwansyah sangat layak memimpin Provinsi Sumatera Selatan. Karena keduanya memiliki prestasi yang mengkilap.

Keduanya memiliki pengalaman dan sudah teruji sebagai kepala daerah. Aswari merupakan Bupati Lahat dua periode sejak 2008 dan Irwansyah Walikota Pangkalpinang sejak 2013.

Ini deretan prestasi keduanya.

1. Aswari pemimpin berhasil dan dicintai rakyat, terbukti dengan perolehan suaranya pada Pilkada Kabupaten Lahat lalu yang mencapai 83 persen.

2. APBD Lahat naik dari Rp 700 miliar menjadi 1,9 triliun pada tahun ini. Produksi beras Lahat tahun 2010 mengalami peningkatan.

3. Aswari juga sukses mambangun infrastruktur jalan yang mulus sampai ke pelosok-pelosok desa, air bersih, dan listrik.

4. Aswari menerima penghargaan bergengsi Bintang Jasa Utama (2016) dari Presiden RI Jokowi karena dinilai telah berjasa besar dalam bidang sosial kemanusiaan.

5. Lahat tercatat sebagai kabupaten yang mampu mendapat piala Adipura untuk kesepuluh kalinya, enam diantaranya saat Aswari memimpin.

6. Program Listrik Masuk Desa memiliki nilai hampir sempurna 100 persen di berbagai daerah hingga pelosok Lahat, bahkan surplus energi dan mensuplai daerah lain.

7. Kejuaraan balap motor hingga bela diri bertaraf international sudah beberapa kali digelar di Lahat. Sirkuit bertaraf internasional sudah terbangun dan tahun ini ditargetkan telah berdiri sekolah balap.

Kemudian, adapun prestasi Irwansyah adalah sebagai berikut.

1. Irwansyah adalah wali kota termuda di Indonesia saat ia dilantik tahun 2013, mengalahkan lawannya yang memiliki perbedaan usia cukup jauh.

2. Di tahun yang sama saat ia terpilih menjadi wali kota Pangkalpinang, Irwansyah mendapatkan Gelar Dato’ Pangeran Darjah Pangeran Mahkota Palembang (DPMP) dari Kesultanan Palembang, Sultan Mahmud Badarudin III Prabu Diradja.

3. Pada Desember 2017, ia juga sukses menggagas konsep kesehatan Green Hospital sebagai yang pertama di Indonesia mengenai _medical tourism_.

4. Irwansyah mendapatkan tiga penghargaan sekaligus (kesehatan, pendidikan, dan pariwisata) dari Wali Kota Entrepreneur Award dan Bupati Entrepreneur Award 2017 yang digelar Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) dan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) bersama Kellog Innovation Network (KIN) ASEAN.

5. Kemudian ia menggandeng MX GP untuk menggelar kejuaraan motocross internasional 2017 di Pangkalpinang dan tercatat Pangkalpinang adalah satu-satunya daerah di Indonesia yang menggelar kejuaraan motorcross paling bergengsi di dunia tersebut.

6. Kemenkumham menobatkan Pangkalpinang sebagai kota yang ramah HAM untuk kali ketiga.

7. Pada tahun 2017 ia juga mendapatkan penghargaan dari Ombudsman RI, Kota Pangkalpinang mendapatkan zona hijau terkait layanan administrasi dengan predikat kepatuhan tertinggi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: