Deru Puji Keberhasilan Pelistrikan Lahat: Maknanya?

Deru Puji Keberhasilan Pelistrikan Lahat: Maknanya?

Pelistrikan Lahat yang mencapai 100% dipuji Deru, salah satu pasangan calon Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel). Pujiannya berangkat dari data faktual. Kini, apa makna dari pujian salah satu rival kandidat itu?

Makna pertama yang dapat kita garis-bawahi adalah sebuah pengakuan atas karya pembangunan seorang Aswari saat memimpin Kabupaten Lahat. Jika pengakuan itu disampaikan masyarakat biasa relatif kurang bermakna dan karenanya kurang bergema atau berpengaruh. Tapi, kondisinya menjadi berbeda ketika yang mengakui karya nyata justru seorang Deru,

Di sanalah, pengakuan itu berpengaruh positif bagi sosok Aswari yang kini siap tampil memimpin Sumsel. Secara tak langsung, pengakuan Deru sejatinya sang pesaing itu mempromosikan Aswari selaku lawan politiknya. Sangatlah mungkin, masyarakat Sumsel menjadi lebih tertarik ke pasangan Aswari-Irwansyah pasca pengakuan Deru atas sukses program pelistrikan Lahat yang mencapai 100% itu. Sebuah hikmah positif yang dapat dipetik oleh Aswari-Irwansyah dalam kaitan proses politik menuju G1 G2 Sumsel. Adakah itu sinyal kemenangan pasangan No. Urut 2 itu? Bisa jadi.

Namun demikian, sebagai makna kedua, pujian Deru terhadap keberhasilan program pelistrikan di Lahat itu juga sekaligus merupakan penguatan spirit bagi pasangan ASRI kelak saat terpilih sebagai Gubernur Wakil Gubernur Sumsel. Pujian Deru itu secara tak langsung mengingatkan ketika mimpin Sumsel, maka ASRI didorong untuk menerangi seluruh Sumsel. Tak boleh terjadi ketidakmerataan energi listrik. Bahkan, tak boleh terjadi byar-pet akibat keterbatasan ketersediaan energi listrik.

Maka, pujian Deru dapat dimaknai sebagai saran konstruktif untuk misi keadilan penerangan, bukan hanya kepentingan rumah tangga, tapi juga pengguna lainnya. Dan saran ini sesungguhnya merupakan etape proses yang berkontribusi penting dalam kaitan pengembangan ekonomi, dunia pendidikan dan lainnya yang perjalanannya tak bisa lepas ketergantungan dari listrik.

Harus kita catat, pujian Deru itu sejatinya merupakan tatangan berat bagi kepemimpinan ASRI ke depan. Bagaimana tidak? Pelistrikan seluruh Sumsel tidak bisa dipersamakan dengan sebatas wilayah Lahat, dari sisi luas teritorial dan jumlah penduduk. Inilah tantangan yang harus dijawab secara nyata.

Bagi ASRI, jawaban terhadap tantangan itu merupakan konsekuensi logis dari sebuah amanah yang ada di pundaknya. Dengan sadar, ASRI harus menghadapinya dengan penuh pertanggungjawaban. Langkahnya simple. Yaitu, program pelistrikan Sumsel harus dirancang komprehensif dan serius. Kemauan politiknya tidak boleh nanggung.

Sebuah renungan, program yang pasti berbiaya tinggi atau besar itu, lalu bagaimana pendanaannya? Tentu pendekatannya haruslah kreatif-inovatif, bukan berpikir linier. Dalam hal ini, ASRI tentu akan keluar dari pola pikir bahwa seluruh pekerjaan besar itu harus berdana APBD dan atau APBN. Juga, jenis proyeknya tidaklah harus energi yang dikelola lembaga formal seperti PLN.

Berangkat dari karya nyata pelistrikan Lahat dengan pendekatan hydro, maka perlu dipadukan antara proyek normal itu dengan hydro. Dan untuk daerah-daerah terpencil akan jauh lebih pas dengan pendekatan hydro itu. Inilah andalan ASRI yang pasti akan diterapkan untuk men-100%-kan program listrik ke seluruh wilayah Sumsel.

Dengan pengalaman yang telah dicapai, maka tinggal copy paste sketsa pemikirannya, hanya saja diperluas: dari Lahat untuk seluruh Sumsel. Jadi, saat bicara program pelistrikan Sumsel 100%, bukan asal bunyi. ASRI pasti bisa mewujudkannya. Kemauan politiknya jauh lebih kuat untuk wujudkan cita-cita pelistrikan wilayah Semsel 100%, bukan angan-angan semata.

Karenanya, masyarakat Sumsel terutama yang tinggal jauh dari wilayah perkotaan tak perlu khawatir. Mereka semua yang belum menikmati aliran listrik akan segera menikmatinya. Karena itu, potret pemimpin seperti ini memang layak diberi amanah untuk memimpin Sumsel ke depan.

 

Penulis: Agus Wahid, Analis Pembangunan dari Cyber House Indonesia


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: