Ayo, Kuatkan Budaya Pro Lingkungan

Ayo, Kuatkan Budaya Pro Lingkungan

“Sebagai penghuni bumi, kita harus bersahabat dengan lingkungan alam sekitar. Refleksinya, kita harus menjaga dan melestarikannya. Dan, apapun yang bakal merusak lingkungan harus kita cegah,” ujar Bepati Lahat, Aswari Riva`i saat berbincang-bincang dengan kawan-kawan media di kantornya. Aswari memandang penting sikap pro lingkungan yang tegas sejalan dengan kecenderungan yang kian menguat bahwa konsep dan atau kebijakan pembangunan kian mengabaikan persoalan lingkungan.

Karena itu, lanjut Aswari yang siap memimpin Sumatera Selatan ini, kebijakan pembangunan untuk wilayah Sumatera Selatan, di wilayah kota ataupun desa, harus tetap memperhatikan aspek lingkungan. Dalam hal ini Pemerintah Provinsi ataupun Pemerintah Kabupaten dan atau Pemerintah Kota senantiasa harus menentukan “daerah hijau” agar tidak sampai terjadi penabrakan terhadap kepentingan lingkungan itu.

“Harus kita ingat, jika kita abai terhadap lingkungan, maka jangan salahkan jika alam mengamuk. Jika terjadi banjir yang meluas, longsor di mana-mana, semua itu merupakan reaksi alamiah atau konsekunsi logis dari sikap yang tidak menghormati alam. Sementara kita tahu, bencana alam itu sungguh menderitakan kita”, papar Aswari, yang gemar off-road sebagai ekspresi olah raga yang langsung berdekatan dengan alam.

Sebenarnya – lanjut Aswari lagi – jika kita cerdas bersahabat dengan alam (lingkungan), banyak hal yang bisa datangkan rezeki yang sangat fantastik, bagi kepentingan daerah ataupun masyarakat yang bisa memanfaatkan alam lingkungan ini. Jika di sana terdapat lokasi wisata alam, maka menjaga dan atau memeliharanya jelaslah mendatangkan rezeki yang tak terbatas. Inilah sikap pro lingkungan yang – insya Allah – akan saya kembangkan lebih jauh jika memimpin Sumatera Selatan ini. Tak ada tawar-menawar untuk kepentingan lingkungan ini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: