Aswari Riva’i: Tumbuhkan Rasa Kepedulian Antar Sesama

Aswari Riva'i: Tumbuhkan Rasa Kepedulian Antar Sesama

Rasa kepudilian antar sesama adalah suatu hal yang mesti dimiliki oleh stiap manusia. Apalagi kita sebagai warga negara yang jelas-jelas menjunjung tinggi tentang kemanusiaaan. Nilai tolong-menolong, bahu-membahu, gotong-royong, itulah nilai yang diajarkan oleh para leluhur terhadap kita.

“Tentu, kepedulian merupakan jiwa keterpanggilan yang baik dan karena itu harus dipertahankan sampai kapanpun dan dimanapun. Namun, sungguh elok jika kepedulian itu tidak hanya sebatas peristiwa seperti kebakaran itu,” papar Aswari lagi sembari menghimbau agar kepedulian itu juga merambah ke sektor-sektor lain. Dalam hal kesulitan ekonomi misalnya, kita harus terpanggil bagaimana ikut ambil tindakan untuk menolong sesama yang sedang tertimpa musibah ekonomi, entah kelaparan, kurang gizi atau gizi buruk.

“Jika jiwa empatinya tumbuh kuat di tengah masyarakat kita, maka problem kemiskinan atau kekurangan beberapa hal itu relatif akan terkurangi beban itu. Dan inilah spiritualitas yang sejatinya disampaikan Allah dan Rasul mengapa Dia Yang Maha Pengasih dan Penyayang memerintahkan umatnya untuk zakat, infak dan shadaqah. Juga, mengapa diturunkan juga ayat yang mengancam (siksa pedih) bagi yang tak mau menjalankan perintah itu,” tegas Aswari seraya mengingat firman Allah.

Atas dasar perintah Allah dan Rasul itu – lanjut Bupati Lahat dua periode ini– maka, kita sebagai umat Islam khususnya memang harus terpanggil atas persoalan kemanusiaan itu. Kita sesungguhnya dilarang keras untuk tak peduli terhadap sesama. Karenanya, jika Allah kehendaki kami memimpin Sumsel ini, maka persoalan kepedulian akan kami desain dalam bentuk program yang lebih konkret agar benar-benar dirasakan rakyat Sumsel ini. Tentu banyak ragam programnya, dalam kaitan ekonomi itu sendiri, sosial, kesehatan, pendidikan dan lainnya.

“Itulah pesan yang dapat kita ambil dengan penuh kesadaran. Karena itu musibah janganlah dilihat sebagai beban, tapi justru menjadi faktor penggerak penting untuk sesama umat manusia dalam spektrum yang lebih luas. Insya Allah, kita akan dapatkan cahaya (kebahagian) akibat peristiwa yang tak tak diharapkan itu”, papar Aswari saat datang ke lokasi kebakaran sambil menyerahkan bantuan untuk meringankan beban psikologis keluarga musibah. *** (Abu Haikal)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: