Aswari Riva’i: Tantangan Terbesar Pers Adalah Memerangi Hoax

Aswari Riva'i: Tantangan Terbesar Pers Adalah Memerangi Hoax

Jakarta – Bupati Lahat, Aswari Riva’i menghaturkan selamat Hari Pers Nasional kepada seluruh insan media di Indonesia. Menurutnya, pers adalah salah satu mitra dalam pembangunan sebuah daerah.

“Pers selalu saya anggap sebagai mitra, untuk menyebarkan pesan positif tentang pembangunan, terutama di Lahat dan Sumsel,” jelas Aswari, Jumat (9/2/2018).

Menurut Bakal Calon Gubernur Sumatera Selatan dari Partai Gerindra ini, Hari Pers Nasional patut dirayakan dengan segenap kegembiraan. Hal tersebut mengacu pada telah melekatnya media dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.

“Teknologi sudah maju, pun demikian dengan pers. Sekarang zamannya pers bisa lebih dekat dengan masyarakat dengan teknologi, zaman dahulu, masih banyak yang awam terhadap pers, sekarang di handphone kita saja bisa mengakses berbagai informasi,” ungkap pasangan dari Irwansyah di Pilgub Sumsel tersebut.

Kini, tantangan terbesar dari pers, jelas Aswari, adalah memerangi hoax atau berita bohong. Terlebih, tahun 2018 masuk sebagai tahun politik, di mana banyak pihak tak bertanggung jawab memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mengarang, dan membuat berita yang menjatuhkan lawan politik.

Hal tersebut, menurut Aswari, hanya akan menutup kredibilitas dan kapabilitas dari tokoh politik. Karena menurutnya, sebagian besar orang justru lebih senang mengakses kejelekan orang lain, dibanding melihat potensi dan kinerjanya.

“Sangat disayangkan, berita yang jelek malah disenangi. Hoax ini bisa menjatuhkan kapabilitas seseorang, lama kelamaan, ia bisa membunuh demokrasi kita,” ungkap Aswari.

Ia pun berharap, seluruh insan pers bisa terus menjadi mitra pemerintah dalam pembangunan. Karena menurutnya, seorang pejabat negara tak akan menjadi siapa-siapa tanpa hadirnya insan pers, yang terus mengawal, mengkritisi dan bersama membangun daerah.

“Selamat Hari Pers Nasional, semoga pers senantiasa terus bisa menjadi mitra pemerintah dalam pembangunan,” pungkasnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: