Aswari Riva’i: Sentil Tentang Maraknya Berita Hoax

Aswari Riva'i: Sentil Tentang Maraknya Berita Hoax

LAHAT – Bupati Lahat H. Aswari Riva’i menyentil merebaknya berita bohong atau sekarang populer disebut hoax.

Hal itu disampaikannya sesaat usai dilantik sebagai Ketua Dewan Harian Cabang (DHC) Angkatan ’45 di Pendopoan Rumah Dinasnya.

“Munculnya fenomena berita dan informasi yang bersifat hoax atau fitnah atau berita bohong, yang menyebar cepat melalui media sosial tentu akan meresahkan masyarakat dan membahayakan persatuan kesatuan bangsa,” kata Aswari.

Berita hoax ini, sambungnya, apabila tidak dikendalikan dan diluruskan, maka dapat menjadi ancaman serius bagi kelangsungan NKRI, terkhusus masyarakat Kabupaten Lahat.

Disadarinya, bahwa memang kehadiran teknologi baru selalu membawa dua wajah positif dan negatif.

“Tentu yang diharapkan adalah yang positif. Tetapi fakta yang berkembang selalu ada efek negatif,” imbuhnya.

Oleh karena itu, Aswari mengimbau agar masyarakat di Bumi ‘Seganti Setungguan’ untuk mencermati terlebih dahulu apapun informasi yang beredar sekarang ini dan tidak mudah terprovokasi.

Sebab, kemajuan teknologi informasi sekarang ini, terlebih media sosial dunia maya, telah dimanfaatkan oleh segelintir oknum tertentu untuk memecah belah kerukunan umat bangsa dan negara demi tujuan atau kepentingan tertentu.

“Saya yakin masyarakat Lahat sudah cerdas di dalam memilah dan memilih informasi yang ada, sehingga tidak mudah untuk terprovokasi,” tandasnya.

Sementara itu senada, Ketua Harian Dewan Harian Daerah (DHD) Angkatan ’45 Provinsi Sumsel, Kol (Purn) HR Haryono mengatakan bahwa memang jika dilihat secara sekilas, ideologi Pancasila sekarang ini seakan-akan sudah ditinggalkan.

Padahal, ditegaskannya, tidak.

“Itu tergantung pada pemimpinnya. Kalau dulu kan ada yang namanya Penataran P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, red). Ini sangat perlu diterapkan kembali dalam situasi dan kondisi yang ada sekarang ini,” tuturnya.

Selain mendaulat H. Aswari Riva’i sebagai Ketua, juga dilantik jajaran kepengurusan DHC ’45 Lahat lainnya, di antaranya Wakil Ketua H. Moehammad Din.

Turuthadir pula dalam pembukaan forum OPD, di antaranya Ketua DPRD Herliansyah, Sekda H. Nasrun Aswari, Kabag Sumda Polres Kompol Idris Maden, Kasdim 0405 Mayor Derry Syarif, Ketua TP PKK Kabupaten Hj. R. Rukmi Kurnia Sismartianti Aswari, para legiun veteran, tokoh agama, pemuda dan masyarakat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: