Aswari Riva’i Sambut Gembira Kedatangan PT. Pusri di Kabupaten Lahat

Aswari Riva'i Sambut Gembira Kedatangan PT. Pusri di Kabupaten Lahat

Lahat, Detik Sumsel — Tingkatkan gerakan produksi pangan berbasis korporasi (GP3K), PT. Pusri temui petani kopi di Desa Sukarame, Kecamatan Kota Agung, Lahat. Meluncurkan demplot kopi, dan lakukan pendampingan kawasan teknologi kopi.

Bukan hanya itu, Klinik dan Mantri Tani, kini juga hadir membantu petani kopi di lahat. Direktur PT. Pusri, Mulyono Prawiro menuturkan, Pusri saat ini sudah menggandeng Pusat Peneilitian Kopi dan Kakao Indonesia (PUSLITKOKA).

Menyediakan pupuk mikro Nutremag, pupuk hayati Bionipah, dan pupuk Pusri Organik Cair. Cocok digunakan untuk petani kopi, baik dalam memperbaiki kondisi tanah, hingga meningkatkan hasil panen.

“Disini kita memberikan edukasi tentang cara budidaya tanaman kopi. Mulai dari semai tanaman, pengelahan tanah, penanaman, pemeliharaan, perawatan, hingga cara memanen yang baik,” ujarnya, Senin (20/11/2017).

Lanjutnya, Pusri juga meluncurkan Klinik Tani, dan Mantri Tani. Guna memberikan pelayanan terbaik, dan profesional kepada petani. Melalui pemberian edukasi terkait penanganan permasalahan pupuk, hama, dan penyakit tanaman kopi.

“Setelah Klaten dan Boyolali. Lahat menjadi kabupaten pertama di Sumsel, yang dijangkau oleh Klinik Tani dan Mantri Tani. Ini membuktikan geliat kopi di Lahat, sangat besar dan menjanjikan,” ucap Mulyono Prawiro.

Sementara itu, Bupati Lahat, H. Aswari Rivai mengatakan, produktifitas kopi di Kabupaten Lahat, saat ini mencapai 60 ton per tahun. Dengan lahan seluas 14.600 hektare. Melalui kerjasama ini kami berharap, pendapatan petani di Lahat semakin meningkat.

“Terima kasih kepada pihak PT Pusri, yang sudah datang di Kabupaten Lahat. Insy Allah dengan kerjasama ini, akan memberikan hasil terbaik bagi petani kopi di Lahat,” kata Aswari.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: