Aswari Riva’i : Berita Jelek Malah Ramai, Ini Disayangkan

Aswari Riva'i : Berita Jelek Malah Ramai, Ini Disayangkan

Bupati Lahat dua periode Aswari Riva’i sekaligus Calon Gubernur Sumatera Selatan menjadi narasumber dalam Sindo Weekly yang digelar di auditorium gedung Sindo, Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Kamis (8/2/2018) dengan tema “Pilkada Tanpa Hoax”.

Menurut Aswari, kampanye yang sehat dalam pemilihan kepada daerah (Pilkada) yakni siap menghadapi serangan. Aswari mengatakan, saat mengikut Pilkada Lahat tahun 2008 dan 2013 antarpasangan calon (Paslon) tidak terlalu terjadi gesekan bahkan situasinya cair, namun sering timbul gesekan di kubu tim sukses.

“Dengan ada kemajuan zaman dan kemajuan teknologi, karena dari dulu bad news dan good news masih dipakai. Kalau dulu cerita jelek ada di koran, sekarang tidak, sangat mudah sekali memviralkan sesuatu dan diterima oleh siapapun tanpa disaring terlebih dahulu,” ucap Aswari.

“Jadi pemimpin yang berkualitas akibat berita hoax yang tidak disaring terlebih dahulu diragukan kinerjanya. Masyarakat mendapat informasi tentang kandidat itu bukan dari program yang dimilikinya tetapi berita hoax yang disebarkan,” jelas Aswari kembali.

Aswari mengatakan, dengan adanya penyebaran berita hoax ini kandidat yang punya kemampuan dan kualitas menjadi tidak berdaya. “Apa yang sudah lakukan di daerah justru tidak laku. Yang berita jelek justru ramai, ini membahayakan generasi muda. Ini disayangkan,” lanjut Aswari.

Sementara itu, komisioner KPU, Pramono Ubaid Tanthowi, yang turut hadir dalam acara tersebut mengatakan kejahatan demokrasi yang luar biasa itu adalah memanipulasi. Dampaknya luar biasa, karena itu dari KPU, Bawaslu, Kominfo serta pihak terkait melakukan MoU untuk mengantisipasi berita hoax dalam Pilkada.

“Tidak hanya KPU yang memerangi, Kominfo sudah menandatangi memorandum nota aksi bersama bagaimana menangani informasi hoax di media sosial. Penanganannya kita efektifkan,” tutur Pramono.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: